Monday, November 9, 2009

Pengertian Umum Copywriting

  • Pengertian copywriting selalu mengarah ke kegiatan beriklan (promotif).
  • Copywriting identik dengan kemampuan membuat dan menghasilkan tulisan/teks untuk kepentingan beriklan.
  • Posisi copywriting sangat penting dalam proses eksekusi sebuah karya iklan karena di dalam teks-lah gambaran mengenai bentuk, arahan, dan target yang akan dicapai dapat disimak.
  • Bentuk naskah copywriting selalu memiliki kedalaman makna, baik harafiah maupun psikologis.
  • Copywriting mengenal perpaduan gaya bahasa faktual dengan imajinasi, dapat dibedakan dengan tulisan lainnya, copywriting mempunyai nilai lebih.
  • Pengertian copywriting di kalangan masyarakat umumnya identik dengan pendekatan aspek emosional antara produk/jasa dan pemakai.
  • Copywriting harus dilihat sebagai karya yang bertanggung jawab.
  • Calon konsumen sangat mudah terbuai oleh kata-kata yang menentramkan dari copywriting. Oleh karena itu, sejak awal harus disadari bahwa copywriting lebih banyak menyentuh sisi emosional daripada rasional. Maka Faktor kejujuran memegang peranan sangat penting bagi copywriter dalam menciptakan copywriting.
Copywriting yang berhasil adalah copywriting yang paling mudah diingat masyarakat, atau jika beruntung menjadi trade mark (tanda patent)

Copywriting yang berhasil mencuri perhatian umum harus diakui sebagai copy yang kreatif. Dalam banyak hal, kehadiran copywriting dalam sebuah iklan bukan sebagai embel-embel melainkan sebagai nadi.

Beberapa komponen dalam copywriting seperti jenis bahasa, diksi, gaya bahasa, sifat, dan penempatannya saling terkait membentuk komposisi copywriting yang ideal untuk mendukung sebuah iklan.

Sebaliknya, andaikata copywriting hanya digunakan alat untuk propaganda (jargon) oleh pengiklan agar barang/jasa yang diiklankan cepat laku, maka akibatnya akan buruk jika tidak terbukti kebenarannya. Konsumen manapun akan sama, menolak produk/jasa yang tidak sesuai dengan fakta yang ditawarkan.
Maka hati-hati bahwa bisnis periklanan adalah mutlak bisnis kepercayaan.

Karena kesalahan strategi banyak perusahaan yang bangkrut, konsumen tidak percaya lagi dengan produk/jasa yang diiklankan.
Sebelum membuat sebuah iklan tentu harus mengadakan penelitian tentang produk/jasa yang akan diiklankan, biasanya dicantumkan dalam proposal promo.

No comments: