Monday, November 9, 2009

Copywriting Bagian Dari Iklan

Iklan tidak pernah bisa dilepaskan dari persoalan pemasaran. Padahal copywriting termasuk komponen dari sebuah Advertising Agency, yang mengiklankan dari suatu produk, untuk dipasarkan kepada konsumen.
Menurut pakar periklanan Amerika S. William Pattis, iklam lebih sering disebut sebagai sebuah usaha agar barang yang diperjualbelikan laku keras. ada jug ayang berpendapat iklan adalah sebuah tanggung jawab dalam proses penjualan dan pemasaran.
Bisa dibayangkan, betapa hebatnya kata-kata yang digunakan dapat mempengaruhi konsumen yang terjerat hanya dengan kata-kat.
Pakar periklanan lain, Frank Jetkins memberi batasan bahwa inti periklanan berkaitan erat dengan kreativisitas dan keahlian-keahlian khusus :
Attatntion: mampu menarik perhatian
Interest : ketertarikan
Desire : keinginan
Conviction : keyakinan
Action : tindakan
Kreativisitas inimendorong terciptanya sebuah iklan : kreativitas copywriting-nya, kreativitas untuk desainnya, hingga kreativitas eksekusi karya kreatifnya.
Dapat disimpulkan, inti periklanan merangkum tiga sisi yaitu :
1. Pemasangan iklan atau produsen
2. Biro Iklan
3. Media yang akan memuat iklan.
Melihat komposisi diatas penyusunan copywriting adalah sangat mutlak, berapapun jumlah kata yang kan disajikan, berdampak pada kesempurnaan sebuah iklan.
Secara umum, setiap iklan harus mempunyai kriteria antara lain :
1. Benar, pesan yang disampaikan tidak boleh ada unsur kebohongan.
2. Bertanggung jawab, dalam arti visual maupun material.
3. Kesopanan, etika dan susila harus dikedepankan.
4. Garansi atau jaminan, bahwa produk yang diiklankan memang telah teruji dengan baik.
5. Pencantuman harga, iklan tidak boleh seenaknya mencantumkan harga tanpa pertanggung jawaban yang benar.
6. Mutu produk/barang : iklan harus jujur dengan apa yang diinformasikan, yang dikatakan kualitas bagus-harus benar-benar bermutu bagus.
7. Testiomonial : yakni kesaksian, disisni kejujuran saksi sangat penting.
Setelah mencermati keseluruhannya tentang iklan, maka copywriting dapat dikatakan sejajar dengan lainnya, sperti visual, fotografi, layout dan sebagainya.

No comments: