Friday, November 20, 2009

Direct Marketing

Direct marketing adalah bagian dari program marketing communication. Pasar tidak dapat diraih jika kita hanya menggunakan salah satu, tetapi strategi pemasaran yang efektif adalah memasuki pasar dengan berbagai cara dan media, melalui perhitungan yang tepat.

Pasar saat ini sulit diduga, secara psikis mereka memiliki kemungkinan berubah sangat cepat. Mereka sangat cepat belajar sehingga membentuk sikap defensif yang kuat. Pengetahuan (kognitif) mereka perlu diperkuat dan selalu diulang setiap saat. Kebanyakan dari mereka lebih familiar dengan satu kelompok kecil yang memiliki gaya hidup spesial mengunjungi tempat-tempat tertentu dan acara sosial tertentu. Walaupun demikian, pasar sasaran lebih mudah diraih melalui penyampaian pesan di media massa.

Kehadiran media massa dalam memenuhi keinginan industri diperlukan untuk meraih pasar sasaran yang sebesar-besarnya dan menjangkau pasar sasaran yang tidak terjangkau melalui berbagai teknik pemasaran lainnya.Bagaimana peran sistem direct marketing dan hubungannya dengan teknik pemasaran lainnya? Sebelum membahas strategi direct marketing lebih jauh kita perlu memahami gambaran umum dan definisi dari direct marketing

Definisi Direct Marketing dalam buku advertising & promotion, Belch dan Belch memberikan definisi sebagai berikut :
" Direct marketing is asystem of marketing by which organization communicate directly with the target consumer to generate a respon or transaction "(2004: 463)

Belch dan Belch mengambarkan adanya suatu hubungan yang sangat dekat dengan pasar sasaran dan memungkinkan terjadinya prosses komunikasi dua arah. Dipahami bahwa komunikasi langsung bertujuan untuk memperoleh respons atau transaksi yang terjadi secara langsung dalam waktu singkat.

No comments: