1. Benda abstrak berstruktur kata yang menyentuh dan membangunkan emosi kepada pendengar atau pembacanya.
2. Suatu kata atau kalimat yang begitu imajinatif sehingga dapat mempengaruhi orang lain.
3. Penulisan naskah iklan yang mempunyai naluri seni/satrawi yang dikombinasikan dengan intelektualitas.
Sebetulnya kata"abstrak" disini hanya perumpamaan sebagai benda. Padahal copywriting bisa dirasakan dengan emosi tadi. Misalnya pada lukisan abstrak.
Kemana saja sebagai praktisi copywriting memperoleh pekerjaan ?
Antara lain :
- Advertising Agency (Hal ini yang akan dibicarakan)
- Percetakan.
- Penerbit majalah atau surat kabar.
- Wartawan, untuk mencapainya harus ada pendidikan khusus.
- Sebagai pengarang, wawasannya harus luas.
- Dikalangan pemerintah; biasanya bertugas untuk menyiapkan naskah pidato dikalangan legislatif, eksekutif, kepresidenan dan lain sebagainya.
Hampir semua orang dengan tidak sadar senang diberi kat-kata yang indah dan memukau. Kekuatan narasi, teks, atau diksi dari sebuah iklan membuat banyak orang terpengaruh. Bisa dikatakan, iklan apapun tanpa dukungan kata-kata yang memadai tidak akan berarti.
Dan yang terpenting disini adalah sebuah iklan yang dibuat akan ditujukan kepada siapa ( target audience)?
Tulisan atau narasi yang disampaikan pengirim pesan (penulis) iklan kepada orang lain itulah COPYWRITYNG.
Mulailah dengan belajar menilai iklan yang dianggap baik dari segala unsur, cari kelebihan dan kekurangannya, cobalah untuk memperbaikinya sesuai versi ide kreatif Anda.
Konteks berbahasa dan berkata dalam penyusunan copywrityng menunjukkan wawasan penulisnya, jangan segan-segan untuk bertanya kepada yang lebih ahli dan berpengalaman
No comments:
Post a Comment