a. Benda abstrak berstruktur kata yang menyentuh dan membangunkan emosi.
b. Suatu kata atau kalimat yang begitu imajinatif sehingga dapat mempengaruhi pembaca atau pendengar.
c. Penulisan kata iklan yang mempunyai naluri seni yang disertai intelektual tinggi.
Sebetulnya kata abstrak disini hanya perumpamaan sebagai benda. Padahal copywriting bisa dirasakan dengan emosi. Sama halnya dengan lukisan abstrak.
Teks-teks iklan yang dianggapflugar, memancing emosi, menghina kelompok lain, menjatuhkan produk yang sejenis, tidak layak untuk ditayangkan.
Sebagai komponen iklan, copywriting harus merujuk pada tata krama dan kaidah-kaidah periklanan :
- Harus jujur, bertanggung jawab dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku.
- Tidak boleh menyinggung perasaan dan merendahkan martabat negara, agama, susila, adat, budaya, suku dan golongan.
- Harus dijiwai oleh asas persaingan yang sehat.
Copywriting dituntut mampu menggugah pesan kepada khalayak. Artinya, struktur bagan kata dalam copywriting harus :
- Menggugah : mencermati kebutuhan konsumen, memberikan solusi, dan memberikan perhatian.
- Informatif : kata-katanya harus jelas, tidak betele-tele.
- Persuasif : rangkaian kalimatnya enak dibaca, membuat konsumen senang.
- Bertenaga gerak : komposisi kata-katanya membimbing konsumen untuk mengikuti alur copy.
- Memiliki penyelesaian akhir : kata-kata yang disusun harus membantu konsumen mendapatkan barang cepat dan mudah.
Strategi Kreatif Periklanan sangat menentukan bagaimana orientasi copywriting dibentuk. Gabungan kerja antara sastrawi/seni dan intelektual-itulah copywriting.
Artinya, membuat copywriting berarti membuat naskah iklan yang berstrategi.
Yang diinginkan dari sebuah naskah copywriting adalah keberhasilan mencapai tujuan pesan penjualan : keuntungan dan kekuatan citra (corporate image)
No comments:
Post a Comment