- Personal target
- Group target
Group target. Pada suatu titik, direct marketing dapat berkembang dari personal target menjadi group target. Follow up ini dapat terjadi melalui fasilitas teknologi, di mana tersedia media yang dapat mendukung komunikasi personal to group (PTG), dan bentuk teknologi yang memungkinkan hal ini terjadi adalah melalui konferensi.
Follow up dapat terjadi didasarkan pada dua kondisi yaitu :
- Follow up dilakukan setelah proses direct mailing yaitu dengan berhubungan langsung pada contact person. Hubungan ini dapat berlangsung melalui proses tatap muka dan telepon. Follow up dilakukan setelah kunjungan langsung ke pasar sasaran potensial, yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan di antara keduanya. Kelebihan dan kekurangan proses direct visit (tatap muka) dan phone call(kontak telepon) akan di bahas berikutnya.
- Follow up dilakukan setelah respons atau informasi yang disebar melalui media massa atau media lainnya. Proses ini lebih mudah dan efektif karena respons muncul disebabkan adanya ketertarikan akan produk/layanan dalam memenuhi kebutuhan mereka, sehingga terdapat penghematan biaya telepon secara langsung.
No comments:
Post a Comment