Keberhasilan sebuah strategi marketing communication dapat diukur dengan seberapa besar penjualan sebuah produk atau penghasilan dari pemanfaatan jasa oleh konsumen. Dalam riset marketing communication, tingkat keberhasilan diukur berdasarkan sejauh mana iklan atau kegiatan dapat mempengaruhi tingkat penjualan sebuah produk atau penggunaan sebuah jasa. Dalam konteks bisnis masa depan, setiap produk dan layanan mengacu pada standardisasi kualitas yang ditetapkan dan hanya produk dengan layanan yang memiliki standard kualitas yang unggul saja yang dapat bertahan di pasar. Dengan demikian, loyalitas pelanggan akan sulit diukur dan banyak dipengaruhi oleh sejauh mana ketertarikan konsumen terhadap sebuah promosi produk dan layanan.
Sifat terlihat atau terasa biasa (habituate) merupakan hal yang patut diwaspadai bagi setiap perancang promosi dan iklan. Demikian pula, ad. likebility menjadi acuan terhadap keberhasilan sebuah iklan, karena hanya iklan yang disukai oleh khalayak yang memiliki peluang untuk mempengaruhi sikap mereka untuk membeli atau memanfaatkan jasa yang ditawarkan. Dengan demikian, riset marketing communication penting untuk memberikan arahan pada manajer pemasaran atau manajer promosi dalam menyusun strategi marketing communication pada sejumlah tahap kecenderungan perubahan sikap dan perilaku konsumen.
No comments:
Post a Comment