Pemasaran adalah sekumpulan rancangan kegiatan yang saling terkait untuk mengenali kebutuhan konsumen dan mengembangkan, mendistribusikan, mempromosikan, serta menetapkan harga yang tepat dari sebuah produk dan layanan untuk mencapai kepuasan dari konsumen yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan. Atau dapat dikatakan pula bahwa kegiatan dari pemasaran bertujuan mencapai suatu penjualan yang terjadi secara langsung dan terkadang penjualan dapat terjadi di masa-masa mendatang.
Proses pemasaran dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Identifikasi potensi dari pasar sasaran (konsumen)
2. Analisis kebutuhan dan indentifikasi pasar sasaran.
3. Riset potensial dari pasar sasaran atas penjualan dan kemampuan daya beli serta kekuatan dari produk dan layanan yang dimiliki.
4. Menciptakan atau menentukan produk dan layanan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar sasaran.
5. Distribusi, harga dan promosi produk dan layanan pada konsumen.
6. Memeriksa kembali apakah telah tercapai kepuasan pelanggan setelah penjualan atau belum.
7. Melakukan inovasi produk setiap saat yang memiliki hubungan produk utama.
8. Berpromosi setiap saat, disetiap tempat dan pada setiap orang
No comments:
Post a Comment