Wednesday, October 21, 2009

Strategi Marketing Communication

Langkah atau jenis kegiatan pemasaran ditentukan oleh teknik-teknik semisalnya direct marketing, support media, personal selling dan promosi penjualan. Selain teknik pemasaran itu, perlu juga diperhatikan dan dipertimbangkan bahwa penggunaan visual dan pesan yang tepat adalah syarat utama dari keberhasilan sebuah program promosi. Tahap-tahap komunikasi dan strategi pesan disusun untuk menumbuhkan kesadaran atas keberadaan sebuah produk dan layanan (awareness), membangkitkan keinginan memiliki atau memperoleh produk (interest), dan mempertahankan loyalitas pelanggan (loyalty). Dalam kajian komunikasi, tahap ini dikenal sebagai AIDDA, yaitu Attention, Interst, Desure, Decision, dan Action, sedangkan dalam kajian perilaku konsumen dikenal sebagai Tricomponent Attitude Model, yaitu Cognitive (pengetahuan), Affection(perasaan), dan Conative (kecendrungan perilaku).
Tujuan Komunikasi secara umum adalah untuk mencapai sejumlah perubahan : perubahan pengetahuan ( Knowledge change), perubahan sikap (attitude change), perubahan perilaku (behaviour change), dan perubahan masyarakat ( social change). Penjualan produk baru akan terjadi jika telah terjadi paling sedikit perubahan sikap pada tahap conative, atau munculnya kecendrungan untuk melakukan sesuatu. Kecendrungan melakukan sesuatu itu adalah kecendrungan untuk membeli produk atau memanfaatkan jasa yang ditawarkan. Perencana strategi marketing communication meliputi sejumlah strategi pesan dan visual, yang secara bertahap mengikuti alur perubahan, dan perubahan itu harus diukur secara tepat melalui riset marketing communication

No comments: