Sunday, October 25, 2009

Kekuatan Publicity

Kekuatan publicity. Mengapa publicity disebut memiliki kekuatan yang sebanding dengan advertising atau promosi penjualan dan bentuk lain dari kegiatan public relation? Hal ini karena :
1. Publicity memiliki kredibilitas yang tinggi, karena konsumen dibantu memberikan penalaran secara objektif. Dalam penyampaian informasi melalui publicity, konsumen dapat mengenal fakta keberadaan produk, alasan, atau argumentasi yang tepat, informasi yang disampaikan dianggap memiliki kebenaran objektif.
2. Publicity sering kali diikuti oleh pernyataan publik dengan melakukan sebuah pembenaran terhadap keunggulan yang dimiliki. Publicity seperti ini biasanya muncul pada majalah produk seperti telepon genggam, motor, atau kesehatan.
3. Publicity memiliki kekuatan untuk menarik perhatian dari judul dan foto. Selain itu, publicity dapat membangkitkan rasa ingin tahu, kebutuhan tersembunyi, mendorong konsumen untuk melakukan uji coba produk dan layanan.
Sebuah perguruan tinggi yang baru berkembang dan tidak populer menggunakan teknik ini untuk menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan kualitas pendidikan. Perguruan tinggi itu menjadi populer setelah pembaca memahami apa yang membedakannya dengan perguruan tinggi lainnya. Bagaimanapun, publicity berkaitan erat dengan alat bantu promosi lain yang sudah berjalan sebelumnya. Demikian, publicity merupakan penguat dari seluruh informasi yang disampaikan pada konsumen melalui media promosi lainnya.

No comments: