Pada media kelompok, respons komunikan dapat diperoleh secara langsung, dan jenis respons itu beragam sesuai dengan perbedaan cara individu dalam menangkap dan menginterpretasikan pesan yang disampaikan. Bentuk komunikasi kelompok dapat terlihat jelas pada saat pameran. Pada saat pameran digelar, pengunjung stand adalah mereka yang memiliki minat sama, misalnya dalam pameran telepon genggam. Di pameran itu, mereka yang hadir dipastikan memiliki minat besar terhadap produk yang dipamerkan. Dalam kegiatan ini, komunikasi kelompok sangat berperan aktif dengan menggunakan sarana media komunikasi kelompok.
Jika umumnya pengertian kelompok dibatasi hanya dengan ukuran jumlah, usia dan batasan geografis, maka dalam marketing communication, penonjolan karakteristik atau pengertian dari sebuah kelompok dapat ditentukan oleh minat. Media presentasi kelompok biasanya ditujukan untuk kelompok tertentu dan cenderung lebih efektif, karena khalayak yang menerima sajian informasi itu terfokus hanya pada satu stimuli, atau terperangkap dalam satu stimuli. Akan berbeda halnya dengan media massa dimana khalayak dapat keluar dari perangkap dan dapat beralih pada stimulus lain yang lebih menarik bagi mereka, seperti dengan memindahkan saluran siaran televisi. Bentuk komunikasi kelompok dalam kegiatan marketing communication di antaranya adalah video presentation, slide projector, teleconference, poster, dan banner.
No comments:
Post a Comment