Sunday, May 30, 2010

Bentuk-Bentuk Media Komunikasi Kelompok

Teleconference dan presentasi audio visual merupakan kecanggihan teknologi media komunikasi, di mana dengan teknologi ini bentuk komunikasi dapat dijalankan tidak saja untuk komunikasi antar individu, tetapi juga bagi komunikasi antar kelompok atau personal pada kelompok dan sebaliknya. Dalam satu kesempatan, saya pernah mengalami bentuk komunikasi seperti ini ketika mengahdiri undangan di Jakarta. Saat itu, saya tidak mengetahui maksud undangan itu, dan isinya adalah presentasi tawaran untuk mengikuti paket wisata di beberapa lokasi di tanah air seperti bali, palembang, makassar dan lokasi-lokasi wisata lainnya.

Presentasi ini dikategorikan sebagai komunikasi dengan menggunakan media kelompok. Mengapa? karena dalam acara presentasi itu, saya duduk bersama para undangan lainnya dan menyimak sajian yang sangat menarik. Saya terkesan sekali dengan sajian presentasi audio visual itu dan baru menyadari bahwa tayangan itu adalah bagian dari presentasi perjalanan wisata setelah pembawa acara menjelaskan maksudnya. Sajian itu betul-betul mengesankan dan mendorong saya untuk lebih banyak bertanya mengenai manfaat dan bagaimana saya dapat turut dalam perjalanan wisata yang ditawarkan, demikian pula dengan hadirin lainnya. Mungkin di kesempatan lain akan muncul jenis media komunikasi yang lebih efektif.

No comments: