Sunday, May 16, 2010

Bentuk-Bentuk Komunikasi

Bauran komunikasi pemasaran ( marketing communication mix ) terdiri dari advertising, promosi penjualan, publicity, personal selling dan direct selling. Bentuk-bentuk komunikasi pada tiap kegiatan tersebut akan berbeda satu sama lainnya. Advertising merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan bentuk komunikasi massa melalui media. Promosi penjualan menggunakan berbagai kegiatan lapangan yang berhubungan langsung sasaran.

Publicity merupakan lingkup komunikasi andalan dari public relations, di mana public relations merupakan kegiatan komunikasi yang mengelola dan mengkomunikasikan citra produk dan citra perusahaan. Personal selling adalah wujud komunikasi yang berhadapan dengan konsumen secara tatap muka. Berdasarkan paparan singkat itu, strategi komunikasi pemasaran bertujuan untuk meraih massa, kelompok, dan persona sasaran.

Dalam komunikasi, komunikasi dibagi menjadi tiga, yaitu massa, kelompok dan persona. Massa adalah komunikan yang luas dan tersebar, di mana tiap komunikan dalam lingkup massa itu dianggap tidak saling kenal. Kelompok adalah beberapa orang yang terdapat di satu tempat di mana tiap komunikan saling berinteraksi karena saling kenal. sedangkan persona adalah pribadi dari satu orang komunikan yang langsung berinteraksi dengan komunikator.

No comments: